Bisnis Digital Dengan Modal Nol Rupiah

Babak era digital indonesia nampaknya makin cermerlang saja. Sebut saja pada bidang bisnis digital. Hadirnya “Toko Aplikasi Online” yang sifatnya gratis tentu saja dapat membuka berbagai peluang baru bagi para Software Developer. Salah satu contoh “toko” tersebut adalah Play Store racikan perusahaan GOOGLE. Pada kuartal keempat (Q4) tahun 2017 saja unduhan pada Play Store mencapai 19 Miliar unduhan.

Aplikasi jenis apa saja yang diunduh? Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari TechCrunch, Sabtu (27/1/2018), kategori aplikasi permainan (game), finansial, dan personalisasi adalah yang paling banyak diunduh di Play Store. Selain peningkatan unduhan, Play Store juga mencatat peningkatan belanja pengguna mobile lewat in-app purchase pada tahun 2017 yang meningkat hingga $20.1 Miliar.

Hasil survey tersebut tentu saja bisa menjadi peluang besar untuk membangun bisnis digital dengan modal 0. Modal yang dimaksud ini adalah dalam bentuk finansial berkat “Toko Aplikasi Online” gratis yang telah di bahas sebelumnya karena, beberapa ilmu menjadi Software Developer dapat ditemui secara gratis melalui Search Engine. Modal terbesar yang diperlukan yaitu waktu dan kesabaran untuk belajar dan terus mencoba. Tentu saja selain belajar secara otodidak, belajar di perguruan tinggi menjadi salah satu pilihan terbaik. Selain mendapatkan ilmu, perguruan tinggi juga merupakan tempat pertukaran ide – ide baru serta menjalin koneksi baru yang bisa dijadikan modal untuk memulai bisnis digital.

STMIK KHARISMA Makassar merupakan salah satu perguruan tinggi berfokus pada bidang Teknologi dan Informasi di Makassar, terpercaya telah menghasilkan lulusan handal melalui Program Sarjana serta Program Diploma III yang dibekali dengan kemampuan membangun Software, Digital Business dan Aplikasi Mobile dari berbagai aspek untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam negeri maupun luar negeri.

Penulis: J. D.

 

 

Theme by Danetsoft and Danang Probo Sayekti inspired by Maksimer